Rumah yang kita huni ini sering dijuluki sebagai “planet biru”. Ini bukan kiasan atau perumpamaan, melainkan sebuah fakta bahwa, dilihat dari luar angkasa, Bumi memang berwarna biru. Mengapa demikian?

Ya, itu karena permukaan Bumi banyak diliputi oleh lautan yang berwarna biru. Memang, permukaan Bumi terdiri atas daratan dan lautan. Namun begitu, lautan lebih luas dari daratan. Jika dijadikan angka, luas lautan meliputi 2/3-nya Bumi, sedang daratan hanya 1/3-nya saja.

Lumayan luas, bukan? Belum terhitung air yang ada di daratan, seperti danau dan sungai.Itulah sebabnya manusia membuat kapal laut di masa lalu, yang terus digunakan hingga saat ini, untuk bepergian dari satu daratan ke daratan lain.

Sebetulnya, seluruh laut di dunia terhubung satu sama lain. Artinya, laut itu satu, tidak terpisah -pisah. Namun, karena banyak daratan yang melingkupinya, maka kita mengenal berbagai nama laut di berbagai belahan Bumi. Luasnya pun beragam. Anda ingin tahu laut apa saja yang paling besar di planet ini? Inilah 10 laut terbesar di dunia :

1. Samudera Pasifik. Inilah lautan terbesar di dunia yang memiliki luas 165.385.450 kilometer persegi. Samudera Pasifik, yang juga dijuluki sebagai Lautan Teduh, terletak di sebelah timur Indonesia. Ia dikelilingi oleh benua Asia dan Amerika. Anda tentu mengetahui pulau yang populer bernama Hawaii, bukan? Nah, kepulauan Hawaii, yang merupakan wilayah Amerika Serikat, terletak di tengah – tengah Samudera Pasifik.

2. Samudera Atlantik. Apakah Anda pernah menonton film Titanic? Film tersebut berdasarkan kisah nyata yang terjadi Samudera Atlantik. Samudera ini terletak di sebelah timur benua Amerika. Jika Anda menyeberang dari Amerika melalui Samudera Atlantik, maka Anda akan sampai di Eropa atau Afrika. Samudera Atlantik menempati posisi kedua laut terbesar dengan luas 82.440.830 kilomter persegi.

3. Samudera Hindia. Ia meghubungkan India dengan daratan Arab, Afrika dan Indonesia, khususnya pulau Sumatera dan Jawa. Luasnya mencapai 73.440.000 kilometer persegi.

4. Samudera Antartika. Samudera ini, sesuai namanya, terletak mengelilingi benua Antartika, sebuah benua es yang ada di Kutub Selatan. Ia memiliki luas 14.004.030 kilometer persegi. Karena posisinya, Samudera ini menghubungkan seluruh sisi Bumi bagian selatan. Samudera Pasifik dan Atlantik terhubung dengan Samudera Antartika ini.

5. Laut China Selatan. Terletak di sebelah selatan China, laut ini memiliki luas 2.986.100 kilometer persegi. Laut China Selatan dikelilingi selain oleh China, juga oleh negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Kamboja, Filipina dan Indonesia.

6. Laut Tengah. Inilah laut yang sering disebut dalam sejarah karena dikelilingi oleh negara-negara yang pernah menjadi tempat berdirinya peradaban tinggi, yaitu Eropa selatan (Yunani, Italia, Spanyol), Afrika Utara (Mesir, Maroko) dan daratan Arab, seperti Palestina. Luasnya mencapai 2.970.000 kilometer persegi. Laut Tengah memiliki nama lain, yaitu Laut Mediterania.

7. Laut Karibia. Laut ini terletak di dekat kepulauan Karibia, terapit oleh negara-negara Karibia seperti Kuba, Jamaika, Poerto Riko, negara-negara Amerika Tengah seperti Panama, dan negara-negara benua Amerika Selatan, seperti Venezuela dan Kolumbia. Laut Karibia bersebelahan dengan Samudera Atlantik, luasnya 2.525.640 kilometer persegi.

8. Laut Bering. Laut ini terletak di sekitar Selat Bering, yaitu selat yang menghubungan benua Asia bagian utara dengan benua Amerika Utara. Laut ini terhubung dengan Samudera Pasifik. Luasnya 2.270.000 kilometer persegi.

9. Laut Okhotsk. Laut ini diapit oleh Rusia dan kepulauan Jepang dan langsung berhubungan dengan Samudera Pasifik bagian barat. Luas laut ini mencapai 1.527.560 kilometer persegi. 

10. Laut Meksiko. Laut ini mencapai luas 1.513.460 kilometer persegi. Sesuai namanya, laut ini terletak bersebelahan dengan negara Meksiko. Di utara, ia berbatasan dengan Amerika Serikat. Seperti halnya laut Karibia, Laut Meksiko ini bersebelahan dengan Samudera Atlantik. Inilah laut terakhir dalam daftar 10 laut terbesar di dunia.
 


Comments




Leave a Reply